0
Landasan Pokok Ibadah Umat Islam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Landasan Pokok Ibadah Umat Islam adalah tema publikasi Artikel Islam kali ini, alhamdulillah karena nikmat Allah Saya bisa kembali hadir untuk berbagi Ilmu terkait Islam sebagai bentuk evaluasi diri dan ketaatan atas salah satu perintah Allah Subhanahu WaTa'ala serukan kepada Umat seluruh Alam, tidak lepas adalah Saya sebagai umat Manusia semoga Allah mengampuni atas khilaf dan dosa Saya dan Sodara/i sekalian Iman dan Islam semoga benar tertanam atas diri kita sebagai ciptaanNya.

Landasan Pokok Ibadah Umat Islam

Adapun materi yang ingin Saya sampaikan adalah tentang Landasan Ibadah yang wajib kita ketahui serta pelajari agar Ibadah kita berbuah Amal sebagai bekal akhirat dan tidak sia-sia suatu nilai Ibadah yang telah dilakukan karena keengganan dalam berproses, memahami setiap ajaran yang Rasulullah Shalallahu 'alahi wassalam telah sampaikan kepada kita sebagai kaumNya.

Boleh orang menyebutkan atas dirinya adalah Islam tapi bisakah dikatakan seorang Mukmin atau Muslim apabila landasan Ibadah saja kita tidak tahu? jawab bisa. Tidak ada yang tidak bisa diajaran Islam sekalipun untuk orang-orang yang umum dilihatnya tidak baik asal satu Benar atas upayanya dan mau bersungguh-sungguh untuk mencari tahu akan kebenaran Allah tanpa enggan. Berikut adalah ulasan perpoin dari landasan ibadah orang mukim.

1. Tauhid
Apa itu tauhid? Tauhid menurut bahasa arab adalah "penyatuan", dalam islam menegaskan penyatuan dengan Allah kemantapan seorang mukmin atas ketauhidannya harus benar, tulus, ikhlas, dan sabar percaya bahwa Allah itu satu karena tidak ada Tuhan selain Allah dan Rasulullah adalah utusan Allah serta harus siap menerima konsekuensi atas kepercayaannya itu dengan bentuk yang nyata yaitu sikap (Ibadah). Itulah baru dikatakan tauhid yang sebenarnya Insya Allah.

Tidak serta merta tahu definisinya saja yang statusnya dapat diubah-ubah tapi lebih dilihat dari tindakan/ perbuatan bagi yang ingin dikatakan Muslim dengan Ridho Allah. Tauhid ialah asas Aqidah lawan Tauhid berarti Mengelak atau "Pembagian" yang merujuk kepada menyembah selain Allah (Berlaha) dan lain sebagainya.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:
"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (QS. AZ-Zariyat: 56)

"Sungguh, Kami telah mengutus kepada setiap umat seorang rasul yang mengajak: Sembahlah Allah dan jauhilah thaghut." (QS. an-Nahl: 36)

2. Syariat Islam
Apa Itu Syariat Islam? Syariat Islam adalah Hukum atau Aturan Islam yang mengatur seluruh sendi umat Islam. Selain itu adalah sebagai panduan atau petunjuk hidup dalam menyelesaikan problema hidup serta melakukan bentuk ketauhidan seorang mukmin agar lurus dan benar langkahnya. Dari mana hukum/ aturan Allah serta petunjuk umat Islam dapat kita ketahui Al Qur'an dan Sunnah Rasul adalah jawabannya.

Bagaimana agar kita dapat mempelajarinya dengan baik dan benar? Bacalah dan pahami isi kandungannya, berkumpul dengan orang-orang sholeh, serta biasakan dalam menahan lapar (Puasa) agar kamu Peka Insya Allah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
"Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh dia telah tersesat, dengan kesesatan yang nyata."

Sangat erat sekali hubungan antara kedua landasan tersebut dan adalah benar apabila ini dikatakan sebagai Landasan pokok umat Islam dan wajib hukumnya bagi kita ketahui dan memahaminya sebagai bekal langkah kita menuju kebenaran dan dihilangkan atas bentuk keragu-raguan sebagaimana umat yang dikatakan Islam belum tentu Mukmin dan Muslim apabila enggan atau mengelak jika diberi tahukan.

Maka bersyukurlah bagi kita yang masih diberikan nikmat Ilmu dilapangkan dalam menerima kebaikan, "sesungguhnya menuntut Ilmu kususnya Ilmu Islam tidak akan pernah ada batasannya, dan jangan sampai kita merasa cukup dengan Ilmu yang sudah didapatkan dengan seadanya karena itu perbuatan merugi". Terus belajar dan perdalam Ilmu Islam agar Islam bukan sekedar Identitas belaka melainkan Islam yang sebenarnya yaitu Islam Kaffah (Menyeluruh).

Semoga senantiasa diberi kemudahan untuk kita semua dalam berproses dengan niat yang benar, terlindungi dari godaan Syaitan yang terlaknat! Akhirnya Saya cukupkan sampai disini terima kasih wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Description: Landasan Pokok Ibadah Umat Islam Rating: 5.0 Reviewer: Suhendri Mr ItemReviewed: Landasan Pokok Ibadah Umat Islam

Posted by: Suhendri Mr
Video Umat, Updated at: 12.00

0 komentar:

Posting Komentar