3
Esensi Dari Berkurban

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Esensi Dari Berkurban itu apakah cuma diperuntukkan untuk orang yang mampu saja ? Bagaimana jika belum mampu? Menurut syariatnya iya harus untuk orang yang dapat saja dipandang dari sisi harta. korban di sini didalam kontek korban hewan ternak, layaknya sapi, kambing & domba.

Esensi Dari Berkurban
 
Sesungguhnya dari mana sih asal mula ada hari kurban itu? sampai sekarang ini/ tiap-tiap taona dirayakan. pasti telah pd tau ya.. kisahnya dari seorang nabi saat itu sampai dimaksud Bapak Tauhid dikarenakan nilai taat atas kecintaan-Nya pada Allah semata tak ada yang dapat memisahkan kecintaan-Nya pada Allah siapa beliau? yaitu nabi Ibrahim, yang diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya sendiri Ismail. sebagai uji cobalah bagi Allah nabi Ibrahim diuji demikian berat serta tidak masuk akal bila dipikir oleh rasio! beda kalo Tauhid sudah tetanam dalam diri, diuji lebih taat serta cinta mana pada anaknya sendiri atau Allah. Maha bijaksana Allah saat lihat ketaatan nabi Ibrahim yang waktu itu akan memenggal kepala anaknya ismail kecil saat itu Allah segera menukar Ismail dengan kambing domba! subhanallah...

Pengorbanan yaitu esensi dari berkorban. Pengorbanan agar bisa taat pada Allah, pengorbanan untuk ikhlas dlm beribadah pada Allah, pengorbanan untuk berlaku sabar dlm hadapi cobaan dari Allah. Serta wujud pengorbanan lain yang dituju dikarenakan mengharapkan ridho Allah saja.

Bisa dipilih hewan yang dapat jadikan korban di ambil yang sangat baik/ paling baik dari hewan lain namun bukan hanya bermakna orang yang berkorban dengan hewan standart itu buruk yang mutlak tetap sesui syariat itu telah masuk syah. toh yang dipandang atau yang didapatkan Allah itu bukan Daging serta Darah dari hewan yang dikorbankan tsb kok namun amalannya.. wujud pengorbanan umat Manusia saat mendirikan ketaatan pada Allah.

Sudahkah kita berkorban pada Allah, hingga batas mana sih? jika dibandingin sama pengorbanan nabi Ibrahim yah sepertinya pengorbanan kita belum ada apa-apanya. lawong berkorban untuk sempatkan waktu 5 menit saja untuk sholat tetap sulit..??

Semoga di Hari Raya Kurban taon ini jadikan kita umat yang mau & siap untuk berkorban serta memahami bentul dari esensi berkorban itu sendiri. Ya jika tidak ingin & siap kita tak lagi dilahirkan/ diciptakan lantas mesti SIAP! jika belum memahami ya studi.. ada upayanya untuk mengerti bukan sekedar mau berkorban untuk yang lain.. namun yang utama justru diabaikan, dilupakan itukan keterlaluan.

Semoga selalu kita diberikan Petunjuk oleh Allah diperlihatkan mana yang benar serta mana yang salah, tidak sesat dikarenakan berasumsi yang salah dikira benar serta yang benar dikira salah. aamiin...Semoga dari Renungan Islam ini ada manfaatnya bagi kita semua wassalam!

Description: Esensi Dari Berkurban Rating: 5.0 Reviewer: Suhendri Mr ItemReviewed: Esensi Dari Berkurban

Posted by: Suhendri Mr
Video Umat, Updated at: 06.42

3 komentar:

  1. sangat bermanfaat artikelnya sobat, disini saya banyak mengambil hikmah dari menegnai Esensi dari berkurban,
    Terima kasih banyak sob,atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung sobat aamiin... ^_^

      Hapus
  2. Blognya bagus sob... salam kenal

    BalasHapus